ROBOT UNY Menang Lagi di KRI 2017

Robot buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memenangkan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017. Robot bernama Rosemery memenangi predikat “First Winner” (Juara 1) Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diadakan pada tanggal 8-9 Juli 2017.

Kontes ini yaitu pertandingan bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Penelitian Tehnologi serta Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Th. ini Kampus Pendidikan Indonesia (UPI) jadi tuan-rumah menyongsong 93 robot dari beragam kampus di Indonesia.

Rosemery UNY merebut posisi pertama sesudah bertanding dengan 15 robot yang lain dari kampus beda untuk divisi KRSTI. Posisi selanjutnya yaitu Erisa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (juara 2), Alfan dari Kampus Gadjah Mada (juara 3), serta Adhira-Aruna dari Kampus Brawijaya (juara keinginan). Kontes Robot Indonesia (KRI) ini berjalan sengit dengan pertandingan robot favorit semasing kampus.

Rosemery yaitu robot cantik. Cantik umum dipakai jadi pujian pada manusia, tetapi kesempatan ini robot dapat juga tampak cantik. Rosemery yaitu dua robot yang kenakan pakaian kebiasaan penuh manik emas serta wajahnya ayu. Dua robot ini menarikan tarian kebiasaan Gending Sriwijaya dengan kompak serta anggun.

Pergerakan tangan serta jarinya juga seperti seseorang putri yang menari. Rosemery juga memainkan selendang kuning saat tunjukkan kemampuan tariannya pada dewan juri serta pemirsa. Tarian ini ikut menarik dengan iringan musik Gending Sriwijaya.

Dibalik kejuaraan Rosemery, ada tim solid yang diketuai oleh Vando Gusti Alhakim (mahasiswa Pendidikan Tehnik Mekatronika 2014). “Nggak nyangka bisa posisi pertama karna memanglah tim beda hebat-hebat. Bahkan juga di sesi penyisihan sampai semi final kami menjumpai masalah. Alhamdulillah sesudah kerja tim yang sigap, Rosemery tampak sempurna. Betul-betul membuat senam jantung, tutur Vando.

Tinggalkan pesan ya ...