PERWAKILAN FT MENGIKUTI INTERNATIONAL YOUTH LEADERSHIP CONFERENCE

Pemimpin/Leader merupakan sebutan bagi orang yang menjadi panutan, baik panutan oleh seseorang maupun sebuah kelompok. Pemimpin adalah suatu peran tertentu yang dimiliki oleh seseorang dalam kehidupannya. Banyak kriteria pemimpin menurut masing-masing orang mulai dari kemampuan Intrapersonal seperti pengetahuan, kesabaran dan Interpersonal seperti berkomunikasi dan beretorika. Namun, pada dasarnya pemimpin harus mempunyai satu kemampuan yang sangat penting yaitu kemampuan untuk mempengaruhi. Ketika seseorang pemimpin mampu untuk mempengaruhi maka ia sedang melakukan sebuah kepemimpinan/Leadership.

 

Berangkat dengan bermodal Ilmu Pengetahuan,ketrampilan,pengalaman dan keberanian perwakilan dari bem mengikuti seleksi yang diadakan oleh pihak fakultas dan universitas untuk mengikuti acara konferensi internasional kepemimpinan di KL malaisya bersama perwakilan dari fakultas lain. Konferensi dilatar belakangi memfasilitasi pertukaran gagasan diantara kelompok pemimpin internasional muda yang beragam etnis dan bertanggung jawab secara sosial. Konferensi pemimpin muda/Youth Leader Conference adalah acara yang diselenggarakan oleh panitia IYLC pada Rabu 26 April di Kuala Lumpur. Setelah melalui proses seleksi, terpilih perwakilan dari FT UNY yaitu Suhada Martakim.

 

Menurut Suhada sebagai salah satu perwakilan dari FT UNY, menuturkan bahwa dalam kegiatan tersebut kita benar-benar belajar banyak dari kegiatan IYLC. “Dari kegiatan ini kita sadar bahwa kita sebagai warga dunia memiliki jenis kepemiminan yang berbeda-beda, berangkat dari dua konsep dasar leadership is a power to keep onto power dan yang kedua leadership is a power to empower others saya belajar memahami dan membuat perubahan” katanya.

 

Salah satu agenda IYLC adalah pemahaman akan pentingnya pentingnya perdamaian dunia dan perdamaian antar umat beragama. Kegiatan yang paling berkesan yaitu ketika mencoba berperan menjadi anggota Asean dan APEC. Peserta diposisikan sebagai perwakilan masing-masing negara dan menyampaikan semua persoalan bangsanya dan seluruh anggota mencari jalan keluar untuk menyelesaikan persoalan tersebut atas dasar kerjasama ASEAN dan APEC. Hal ini dibuat seperti simulasi forum besar dan konferensi tingkat tinggi(KTT).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan pesan ya ...