Ada Apa Dengan Pemilwa 2016?

Hajat besar pergantian roda pemimpin Organisasi Mahasiswa Fakultas Teknik UNY akan segera bergulir sekaligus pesta demokrasi Mahasiswa Teknik akan segera dimulai. Namun apa yang terjadi dengan Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) tahun ini? Kabar beredar mengenai adanya intervensi dari birokrasi.

Pemilwa yang menjadi salah satu agenda tahunan ini diharapkan berjalan lancar dan sebagai bentuk demokrasi dalam ruang lingkup Keluarga Besar Mahasiswa UNY. Pemahaman mengenai hajat akbar mahasiswa ini nampaknya belum terdengar gaungnya dikalangan mahasiswa Teknik, dikhawatirkan bercermin pada Pemilwa sebelumnya banyak tokoh-tokoh lama yang dalam prosesnya berada dibalik layar menimbulkan polemik di segala bidang.

Kurangnya animo mahasiswa teknik khususnya mahasiswa semester lima ke atas untuk berpartisipasi dalam Pemilwa belakangan ini menjadi pekerjaan rumah sendiri bagi pihak yang terkait. Berdasarkan lokakarya sebelumnya yang telah disepakati bersama bahwa pemilwa di FT UNY melalui partai dan juga independen.
“Organisasi Mahasiswa FT UNY yang terpusat di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FT UNY sebagai payung besar bagi mahasiswa pun harus mengetahui prosesnya. Tahun kemarin sosialisasi Pemilwa sangat gencar. Sedangkan tahun ini agaknya berbeda, benar-benar tak terdengar bila terjadi kemoloran atau masalah apapun tersebut karena kesibukan masing-masing komponen, jika memang Pemilwa dianggap lebih penting harusnya terjadwal dengan baik ”.

Menyinggung sedikit mengenai sistem di ORMAWA FT UNY. Entah apa sistemnya di UNY mau KM atau REMA. Sama saja bahkan hampir tak berpengaruh bagi ORMAWA FT UNY. Masing-masing ormawa tetap berjalan dengan AD & ART-nya maupun GBHK-nya.

Bahkan mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Mesin (HIMA MESIN) dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin yang enggan disebut namanya ini, mengatakan, bahwa BEM UNY harus melibatkan dan merangkul mahasiswa menyeluruh dalam menegakkan demokrasi. Karena selama ini Ia juga merasa ada-tidaknya BEM UNY tidak berpengaruh. ”HIMA MESIN masih berjalan dan tetap seperti ini.”

Staf BEM FT UNY yang akrab disapa Aga, mengatakan, “Sebenarnya saya sendiri tidak tahu fungsi BEM Universitas untuk BEM Fakultas itu apa? Apalagi tentang job description BEM Universitas. Untuk setuju atau tidak saya tidak memutuskan, karena itu tadi jalannya masing-masing sehingga tiap BEM mempunyai sistem yang berbeda dan legalitas sendiri-sendiri yang sesuai dengan kulturnya dan kita tidak mengikuti perkembangan BEM UNY. Kami menginginkan perubahan lebih baik dan sebaiknya disosialisasikan mengenai sisitem dengan sangat matang sehingga tidak ada salah pemahaman dalam menjalankan sistemnya.” (DIM)

Tinggalkan pesan ya ...