Mengabdi Pada Masyarakat Melalui FT Mengajar

Salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan mahasiswa adalah mengajar. Konteks mengajar yang dimaksud yaitu menjadi relawan mengajar di lingkungan sekitarnya. Ilmu padi yang kian berisi kian merunduk. Mahasiswa UNY yang tergabung dalam anggota FT Mengajar menghelat sebuah kegiatan pengabdian masyarakat berkelanjutan dalam bentuk mengajar. FT Mengajar berharap dapat menumbuhkan karakter rendah hati dan berbagi pada sesama dalam diri mahasiswa UNY, seiring dengan banyaknya ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi.
Bagian ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi agaknya sering terlupakan oleh mahasiswa masa kini. Pengabdian masyarakat yang menjadi output paling konkret dari pendidikan malah menjadi bagian yang terkesan dikesampingkan dari perjalanan kuliah seorang mahasiswa. Padahal tanpa pengabdian masyarakat, pendidikan akan menjadi layaknya singa kehilangan taringnya. Pendidikan akan menjadi teori belaka yang kosong perwujudan.

FT Mengajar adalah salah satu bentuk kegiatan mahasiswa UNY yang dimotori oleh Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata dengan terjun langsung ketengah masyarakat untuk melakukan tindakan sosial. Mereka disini tak hanya sekedar mengajar murid-murid sekolah dasar, tetapi juga mendidik murid-murid menjadi pribadi yang berilmu dan berperilaku terpuji layaknya tugas seorang guru. Adanya FT Mengajar diharapkan akan dapat menumbuhkan karakter rendah hati dan berbagi pada sesama dalam diri mahasiswa UNY, seiring dengan banyaknya ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi.

Kegiatan FT Mengajar ini dilaksanakan pada bulan Mei-November 2016 di SD Muhammadiyah Bendosari, Madurejo, Prambanan, Sleman. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah ?Teknika Muda Siap Mendidik, Mengabdi untuk Negeri?. Kegiatan ini diikuti oleh 20 pengurus BEM FT dan 40 staff pengajar dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Mengajar dan berbagi ilmu adalah sebuah kebahagiaan, bertujuan agar anak-anak mempunyai cita-cita sejak dini. Anak-anak sangat senang dan antusias dalam belajar,? kata Edi Sutopo sebagai ketua panitia FT Mengajar dari BEM FT UNY. Selain memberikan gambaran, pihaknya juga memberikan materi pelajaran dan permainan. Edi menjelaskan bahwa pihaknya akan segera mengumpulkan Squad FT Mengajar dan mengaktifkan kembali kegiatan pengabdian tersebut setelah sempat break beberapa waktu karena kegiatan PI, KKN dan PPL dari kampus. Bagi kalian Squad FT Mengajar maupun mahasiswa FT UNY yang ingin menjadi pengajar dalam acara FT Mengajar, tunggu pengumuman dari kami? (RIT)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan pesan ya ...