OSPEK Seru dan Berkesan Ala Fakultas Teknik UNY 2016

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) merupakan kegiatan yang biasa dilakukan perguruan tinggi setiap tahun ajaran baru, demikian halnya pula dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY). OSPEK adalah sebuah wahana untuk mengenalkan dan membekali para mahasiswa baru akan dinamika dan dialektika perkuliahan yang tentunya sangat berbeda dengan apa yang sudah ditemukan, dirasakan, dan dilihat pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Koordinator OSPEK FT UNY 2016, Bondan Sutrisno mengatakan “OSPEK ini pun adalah ajang penyadaran rekan-rekan Teknika Muda sekalian atas predikat barunya sebagai Mahasiswa, yang mana harus bisa menjadi iron stock, menjadi direct of changeagent of changesocial control, dan moral force. Menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya.”

Kegiatan OSPEK yang diikuti Mahasiswa Baru UNY 2016 dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 22 sampai dengan 26 Agustus 2016. Hari pertama dan kedua dipergunakan untuk OSPEK Universitas, hari ketiga dan kelima untuk OSPEK Fakultas, dan hari keempat untuk OSPEK Jurusan. Agenda OSPEK ini pun diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan, seperti berkreasi menyanyikan yel-yel dan membuat koreografi di dalam Gedung Olahraga UNY, menyaksikan parade Organisasi Mahasiswa, display Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas yang sarat dengan kreativitas, pameran karya mahasiswa, presentasi ide, mengikuti talk show, jelajah kampus, pendalaman spiritual, serta kepemanduan-kepemanduan guna mengasah soft skill mahasiswa baru, dan ditutup dengan aksi koreografi “Teknika Muda Membangun Bangsa” dengan membentuk logo OSPEK FT UNY 2016 di halaman Dekanat Fakultas Teknik UNY.

Serangkaian kegiatan OSPEK FT UNY 2016 ini tentu meninggalkan kesan bagi para pesertanya yaitu Teknika Muda 2016. Zulfa Virginia, mahasiswi baru dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan mengatakan “OSPEK FT UNY 2016 keren kak, nano-nano, seneng kecampur capek, tapi banyakan serunya, tengkyu kakak buat OSPEK-nya, warbyasaahhhh.” Sementara Garin Al Kautsar mengungkapkan bahwa OSPEK FT UNY membuat pola pikirnya menjadi semakin luas. “OSPEK Fakultas Teknik sangat keren, OSPEK membuat pola pikirku semakin luas dan banyak hal baru yang aku dapatkan di OSPEK FT UNY 2016. Pesannya Jangan pernah takut untuk maju, tapi takutlah bila tidak ada kemajuan. Salam Jawara!!!,” ujar Teknika Muda dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro ini. Tanggapan positif juga datang dari Kholifah Khaulah Al-Azwar, seorang mahasiswi Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana 2016. “Wah… OSPEK FT UNY 2016 banyak banget kesannya. Susah dirangkai pakai kata-kata saking luar biasanya. Pokoknya seru banget, aku sampai sering speechless, apalagi paling senang kalau kakak-kakak PK (Penegak Kedisiplinan, red.) lagi berkeliaran. Berasa lagi maen sinetron deh, hahaha. Pokoknya OSPEK FT UNY paling juaraaa!!!,” ujarnya.

Tinggalkan pesan ya ...