Dua Putra Terbaik FT UNY Juara II Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2016

Nama Fakultas Teknik serta Universitas Negeri Yogyakarta kembali bersinar di kancah nasional. Dua putra terbaik UNY, yaitu Bondan Prakoso (Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY) dan Rizal Justian Setiawan (Teknik Mesin FT UNY) berhasil menjadi Juara II Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 masing-masing untuk kategori Program Sarjana dan Program Diploma. Acara yang diselenggarakan pada Selasa, 16 Agustus 2016 di Rich Sahid Hotel, Yogyakarta ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI).

Bondan Prakoso, nama yang sudah tak asing lagi di UNY, khususnya di kalangan tim mobil Garuda UNY ini memiliki segudang prestasi di tingkat nasional hingga internasional, di antaranya Juara I The Best Creative Technology Electric Vehicle 2013, Juara I Endurance Award Hybrid Vehicle 2014, Juara I Acceleration Award Hybrid Vehicle 2014, dan Juara I Manuever Award Hybrid Vehicle 2015 di Korea Selatan. Kesuksesannya sebagai pemimpin Garuda UNY, mahasiswa kelahiran Sleman, 29 Desember 1993 ini mendapat kehormatan menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) utama UNY 2016 dari program sarjana. Bondan maju dalam pemilihan Mawapres Nasional ini dengan karya tulis ilmiah yang berjudul “Model Penahan Kejut Untuk Meningkatkan Keselamatan Penumpang Mobil dari Kecelakaan”. Demi menggapai prestasi itu, ia bahkan rela menunda kelulusannya sebagai mahasiswa UNY, padahal semua persyaratan kelulusannya sudah siap. “Demi kepentingan bangsa dan negara saya memilih untuk menunda kelulusan saya,” tegasnya.

Sementara Rizal Justian Setiawan, maju ke pemilihan Mawapres Nasional 2016 Program Diploma dengan bermodalkan prestasi Juara I International Engineering Invention Innovation Exhibition (I-ENVEX) 2016, Special Award Leading Innovation Award at I-ENVEX Exhibition 2016 di Malaysia, Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Agroindustrial Week 2016, Juara I Lomba Desain Alat dan Teknologi Tepat Guna 2015, dan masih banyak lagi. Mahasiswa kelahiran Tenggarong 26 Mei 1996 ini mengangkat judul “EF BOAT (ECO-FRIENDLY BOAT): Rancang Bangun Kapal Nelayan Berbasis Water Jet Machine and Trimaran Hull Dengan Konsep Pemanfaatan Renewable Energy Berupa Solar, Wave and Wind Energy Sebagai Pengembangan Teknologi Maritim di Indonesia” sebagai Karya Tulis Ilmiah untuk ajang ini. Prestasi yang banyak diraih tidak menjadikan Rizal berpuas diri. Ia bertekad untuk terus berkarya, berinovasi dalam bidang teknologi demi membangun Indonesia.

Berikut ini adalah hasil Pemilihan Mawapres Tingkat Nasional 2016.

Program Sarjana:
Terbaik III: MUHAMAD HARIS ZAMALUDIN SETIADIPUTRA – Institut Pertanian Bogor (IPB)
Terbaik II: BONDAN PRAKOSO – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Terbaik I: IRMAN FAIZ – Universitas Indonesia (UI)

Program Diploma:
Terbaik III: TEGUH SATRIO WIBOWO – Politeknik Elektronik Negeri Surabaya
Terbaik II: RIZAL JUSTIAN SETIAWAN – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Terbaik I: ZANDHIKA ALFI PRATAMA – Institut Negeri Sepuluh November (ITS)

Semoga perjuangan dan pencapaian mereka dapat menjadi teladan serta inspirasi untuk kita semua. (HIL)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan pesan ya ...