Keseruan Upgrading #2 BEM FT UNY di Malioboro

BEM FT UNY kembali melaksanakan upgrading untuk yang kedua kalinya di Kompleks Malioboro pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016. Kegiatan dari Biro Personalia ini dilaksanakan karena masih banyak yang belum mengikuti upgrading yang pertama. Saudara Yan Permana, selaku Ketua Biro Personalia menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk lebih mensolidkan antar pengurus. Tujuan lain dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk lebih mengenal wisata kota Yogyakarta serta lebih mendekatkan dengan transportasi umum. Upgrading yang kedua ini diikuti oleh 56 pengurus BEM FT UNY dan dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing 7 orang pengurus sesuai dengan kedatangan di sekretariat BEM FT UNY. Semua pengurus berkumpul di sekretariat BEM FT UNY pukul 10.00 WIB dan diberangkatkan sesuai dengan urutan kelompoknya. Di kompleks Malioboro dibagi menjadi 3 pos. Pos 1 terletak di depan gedung DPRD dan diisi oleh Ahmad Nur Arifin dan Yeti Nurfendah. Pos 2 disekitar pasar Beringharjo dan diisi oleh Muhammad Adi Pradana dan Khoirunnisa. Pos 3 terletak di sekitar Gedung Agung dan diisi oleh Wenang Herdama dan Marinda Yuni.

Pos 1 diberi tugas untuk mewawancara wisatawan. Ada 2 pilihan, pilihan pertama 1 wisatawan lokal dan 1 wisatawan asing, atau 3 wisatawan lokal. Di pos 1 ini lebih menekankan bagaimana pengurus untuk lebih berani dalam menanyakan pendapat kepada orang lain dan berlatih bersikap kritis. Pos 2 yang terletak di sekitar pasar Beringharjo menugaskan untuk membeli makanan seharga Rp.50.000,- berdasarkan teka-teki yang diberikan. Di pos ini diajarkan untuk lebih mengenal makanan tradisional dan untuk melatih kecerdasan dalam memecahkan teka-teki yang diberikan. Selain itu juga agar terlihat kebersamaan dan kekompakan dalam kelompok karena diakhir acara di pos ini, makanan tersebut harus dimakan bersama-sama. Pos 3 terletak di depan Gedung Agung menugaskan untuk mengulik sejarah pembangunan dari Benteng Vredeburg. Mulai dari siapa yang membangun, tahun berapa, hingga tujuan untuk apa benteng itu di bangun. Di pos ini juga di haruskan untuk mewawancarai petugas di Benteng Vredeburg sebagai tantangan. Kegiatan upgrading yang kedua ini berjalan dengan lancar meski sesekali diselingi dengan jatuhnya rintik-rintik air hujan. Namun, itu tidak menghalangi semangatnya para pengurus dalam melaksanakan kegiatan.

Setelah masing-masing kelompok selesai melaksanakan tugas dari masing-masing pos, mereka langsung pulang menuju KPLT FT UNY untuk penutupan dan pemberian doorprize. Dalam perjalanan pulang, masing-masing kelompok diharuskan menggunakan transportasi umum, dalam hal ini menggunakan Trans Jogja. Kelompok tercepat yang datang di KPLT FT UNY sekitar pukul 15.00, kemudian disusul kelompok kedua tercepat pukul 16.00 WIB. Acara ini ditutup dengan kegiatan sharing-sharing, kesan serta pesan selama kegiatan.

Berikut ini adalah video saat wawancara terhadap wisatawan asing:

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan pesan ya ...