Pindah Hak Pilih, Urus Formulir Model A-5

(Jumat, 07/03) “Kami dari pihak BEM FT UNY juga menyediakan formulir model A-5 untuk teman-teman FT UNY yang ingin pindah DPT. Bisa langsung mengambil formulirnya di BEM mulai tanggal 10 Maret 2014 sampai H-2 minggu pelaksanaan pemilu,” terang Ketua BEM FT UNY Bani Asrofudin,

Tidak perlu khawatir kehilangan hak pilih. Pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) asal, tetap dapat menggunakan hak pilihnya di TPS lain. Bagaimanakah caranya? Dengan mengurus formulir model A-5. Ini merupakan surat keterangan pindah memilih dari Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk mendapatkan formulir model A-5, pemilih wajib menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain kepada petugas PPS di desa/kelurahan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa orang yang mengurus formulir model A-5 itu, benar-benar orang yang akan pindah memilih dan terdaftar sebagai pemilih di daerah tersebut.

“Setelah formulir model A-5 sudah disahkan oleh PPS asal, maka formulir dapat dibawa langsung ke BEM FT UNY yang selanjutnya akan diproses,” tambah Bani.

Dalam situasi tertentu, pemilih tidak sempat melapor ke PPS tempat pemilih akan menggunakan hak pilih, pemilih yang bersangkutan tetap dapat menggunakan hak pilihnya pada hari dan tanggal pemungutan suara. Dengan catatan, pemilih yang bersangkutan telah memiliki formulir model A-5 dari PPS asal dan menunjukkannya kepada kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS, tempat pemilih itu akan menggunakan hak pilih.
[AIN/ sumber : kpu.go.id]

Tinggalkan pesan ya ...