LKMM-TD KM FT UNY

(Jum’at, 21/02/2014). Pengurus Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengikuti Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD). Acara ini sebenarnya merupakan program kerja Birokrasi FT UNY yang dilimpahkan kepada BEM FT UNY sebagai panitia pelaksana. Pelaksanaannya dinahkodai oleh Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa (PSDM) beserta pengurus BEM FT UNY yang alumnus LKMM-TD. Sesuai kurikulum DIKTI, LKMM-TD berlangsung selama tiga hari dua malam. Acara yang dihadiri oleh 89 mahasiswa, bertempat di Wisma Sejahtera 1, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Dr. Budi Tri Siswanto, WD III FT UNY, sebagai pembicara Kebijakan Kegiatan Kemahasiswaan dan Strategi Merencanakan Kegiatan. Beliau menyampaikan dalam sambutannya,”Acara LKMM-TD ini sebenarnya belum tentu diadakan oleh Universitas, akan tetapi dari Fakultas tetap mengadakan karena dirasa penting sebagai modal awal mahasiswa dalam berorganisasi.” Ketua BEM FT UNY, Bani Asrofudin menyampaikan,”Organisasi di Fakultas Teknik adalah organisasi yang hebat, organisasi yang kompak dibandingkan organisasi di fakultas lain. Maka jadikan itu sebagai sebuah motivasi untuk kita bersama-sama membangun Fakultas ini menjadi lebih berkarya dan bermanfaat.”

Malam hari pertama, diskusi tentang Sistem Keluarga Mahasiswa bersama Siti Khanifah, S.Pd. salah satu anggota Tim 7 UNY tahun 2011. Diskusi berlangsung seru, dengan moderator Ketua BEM FT UNY. Diskusi berlangsung hingga pukul 22.30 WIB, kemudian peserta di agendakan untuk istirahat malam. Hari kedua, acara mulai pada pukul 08.00 WIB tentang Manajemen Organisasi. Hingga akhirnya materi terakhir adalah tentang Managemen Konflik peserta diminta membuat usulan program untuk mahasiswa. Hari kedua, acara berakhir pada pukul 23.30 WIB.

Hari ketiga, peserta bersiap dengan pakaian lapangan. Selain saling mengakrabkan satu sama lain, dalam outbond ini peserta di tuntut unutk aktif dalam mengembangkan kapasitas softskil mereka. Softskill sangat dibutuhkan dalam berorganisasi maka dari itu perlu diasah sedemikian rupa. Sebagai output, peserta ditugaskan membuat proposal usulan kegiatan kemahasiswaan sebagai parameter kelulusan. (BA)

Tinggalkan pesan ya ...